Pemkot Jambi Gandeng PT Pos Indonesia.
JAMBI – Pemerintah Kota (Pemkot) Jambi terus berupaya mempermudah akses layanan publik, khususnya di bidang perpajakan dan retribusi daerah. Wali Kota Jambi, dr. Maulana, mewakili Pemkot Jambi menandatangani Nota Kesepahaman (MoU) dengan PT Pos Indonesia Cabang Utama Jambi. Penandatanganan ini dilanjutkan dengan Perjanjian Kerja Sama (PKS) antara Badan Pengelola Pajak dan Retribusi Daerah (BPPRD) Kota Jambi dengan PT Pos Indonesia Cabang Utama Jambi.
Kegiatan berlangsung di Rumah Dinas Wali Kota Jambi, Griya Mayang, Kamis (21/8/2025).
Wali Kota Jambi, Maulana, mengatakan kerja sama ini bertujuan mendekatkan akses pelayanan pembayaran pajak dan retribusi agar lebih mudah dijangkau masyarakat. Dengan jaringan PT Pos yang tersebar hingga ke pelosok dan kawasan pinggiran Kota Jambi, masyarakat tidak perlu lagi jauh-jauh datang ke pusat kota untuk memenuhi kewajiban perpajakan.
“PT Pos punya cabang sampai ke ujung-ujung Kota Jambi, bahkan nanti bisa dibuka agen-agen baru. Dalam jangka panjang, kita bisa koordinasi dengan RT supaya masyarakat makin mudah memenuhi kewajiban pajak dan retribusi melalui jaringan PT Pos. Lebih mudah, cepat, dan hemat waktu. Dengan kemudahan ini, kita harap PAD Kota Jambi juga meningkat,” ujar Maulana.
Sementara itu, Kepala PT Pos Indonesia Cabang Utama Jambi, Rahman Fathan, menyampaikan bahwa kerja sama ini merupakan kelanjutan dari kolaborasi yang sudah berjalan sebelumnya. Bedanya, kini layanan pembayaran semakin luas dan terintegrasi dengan sistem digital.
“Dulu masyarakat bayar pajak hanya bisa di kantor cabang utama, cabang pembantu, atau agen. Sekarang sudah ada layanan mobile, Pospay, sehingga semua pembayaran pajak daerah bisa dilakukan lebih mudah, kapan saja, dan di mana saja. Harapannya PAD Kota Jambi bisa makin optimal dan hasilnya dirasakan masyarakat dalam bentuk pembangunan,” jelas Rahman.
Kepala BPPRD Kota Jambi, Nella Ervina, menambahkan bahwa kerja sama ini sekaligus memperluas kanal pembayaran pajak dan retribusi.
“Kalau sebelumnya lebih banyak manual, sekarang sudah bisa digital. Jadi masyarakat bisa memilih cara pembayaran sesuai kebutuhan dan kenyamanan mereka,” katanya.
Melalui MoU dan PKS ini, Pemkot Jambi berharap sinergi dengan PT Pos Indonesia bisa memberikan manfaat nyata, baik bagi pemerintah daerah, PT Pos, maupun masyarakat secara keseluruhan. (*)
0 Comments